PEMANFAATAN BUSINESS INTELLIGENT DI DUNIA PENDIDIKAN SEBAGAI COUNSELING SUPPORT UNTUK SISWA SEKOLAH DASAR   Leave a comment

ABSTRAKSI

Sekolah Dasar merupakan tingkat pendidikan yang pertama kali ditemui oleh anak-anak dimana berbagai keadaan mulai terstruktur di dalamnya, seperti jadwal pelajaran, jadwal piket kelas, dan pengurus kelas. Sekolah Dasar juga merupakan tempat dimana terjadi transisi dari usia anak menjadi remaja. Berbagai pengaruh yang diberikan selama berada di bangku Sekolah Dasar akan membentuk pribadi anak/siswa ketika menginjak masa remaja. Dengan kata lain, ketepatan bimbingan yang diberikan selama berada di Sekolah Dasar memberikan kontribusi besar terhadap perkembangan kepribadian siswa. Metode bimbingan yang kaku dan keras sudah tidak sesuai lagi mengingat perilaku dan sikap siswa pada era ini memiliki perbedaan dengan yang pernah dialami dulu. Perbedaan ini seringkali menyebabkan kendala tersendiri bagi para pengajar, seperti tidak menyadari potensi siswa, tidak menyadari ketidakmampuan siswa, dan sebagainya. Oleh karena itu, dalam tujuan untuk membantu pengajar dalam memberikan bimbingan kepada siswa, khususnya Sekolah Dasar, penggunaan teknologi Business Intelligent akan sangat membantu dalam mengetahui kondisi perkembangan siswa lebih dini.

Kata kunci: pendidikan, pengajar, SD, siswa, bimbingan, Business Intelligent

1. Siswa Dulu dan Sekarang

Sekolah Dasar merupakan tingkat pendidikan yang pertama kali ditemui oleh anak-anak dimana berbagai keadaan mulai terstruktur di dalamnya, seperti jadwal pelajaran, jadwal piket kelas, dan pengurus kelas. Sekolah Dasar juga merupakan tempat dimana terjadi transisi dari usia anak menjadi remaja.

Dalam kenyataannya, Sekolah Dasar sudah mulai ada sejak Indonesia belum dalam keadaan merdeka. Hingga memasuki abad ini, setelah mendapatkan berbagai pengaruh dari berbagai faktor eksternal seperti televisi dan didikan orang tua, tentunya ada perbedaan antara siswa dulu[1] dan siswa sekarang[2].

Menurut salah satu opini guru(1), perbedaan siswa dulu dan sekarang adalah terletak pada:

  1. Kepatuhan / sikap hormat kepada guru
  2. Sikap saat mendengarkan nasehat
  3. Perhatian akan keberadaan guru
  4. Sikap terhadap perintah guru
  5. Sikap pada tugas yang diberikan
  6. Sikap akan hukuman
  7. Pendangan mengenai hubungan guru dan siswa

Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya siswa sekarang seperti yang diopinikan di atas dikarenakan:

  1. Arus informasi dan teknologi
  2. Keikhlasan guru yang mulai luntur
  3. Guru lebih takut pada orang tua
  4. Kurangnya sifat keteladanan pada guru
  5. Guru takut pada hukum dan peraturan secara berlebihan, sehingga cenderung membiarkan saja ketika siswanya kurang benar

Namun juga tidak bisa dipungkiri bahwa kemudahan arus informasi dan teknologi serta tuntutan jaman, membuat siswa sekarang memiliki kompetensi yang lebih jika dibandingkan dengan siswa dulu. Berbagai macam prestasi yang diraih pun semakin beragam untuk usia terkait. Peningkatan ini pun menjadikan tantangan sendiri bagi sekolah untuk memfasilitasi kebutuhan siswa tersebut. Sehingga hal ini juga menjadikan dampak tersendiri akan biaya sekolah, fasilitas, metode pengajaran, kompetensi guru, bahkan hingga status sekolah.

2. Peran Guru

Dalam tujuan meningkatkan kualitas pendidikan yang dihasilkan oleh sekolah dasar, tentunya tenaga pengajar/guru juga harus memiliki kompetensi. Menurut Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, pada pasal 28 ayat 3(2), kompetensi  sebagai  agen  pembelajaran  pada  jenjang pendidikan dasar dan menengah  serta pendidikan  anak usia dini meliputi:

  1. Kompetensi pedagogik;
  2. Kompetensi kepribadian;
  3. Kompetensi profesional; dan
  4. Kompetensi sosial.

Adapun tanggung jawab yang dimiliki oleh guru SD adalah lebih besar dibandingkan pengajar SMP dan SMA. Hal ini dikarenakan guru SD kebanyakan akan merangkap sebagai wali kelas dan menjadi guru untuk hampir keseluruhan mata pelajaran. Hal ini menuntut kemampuan guru dalam menguasai materi dan memahami perkembangan siswa setiap harinya.

Posted August 4, 2010 by hamilale in pembelajaran

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: